CNN Mandiri Indonesia

CNN Mandiri Indonesia Adalah Situs Yang Menyajikan Kabar Berita Hari Ini, Terpercaya, Serta Berita Viral Lengkap Dan Akurat.

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

12 Jun 2020

Ada 9000 Warga Brasil Akan Jadi Relawan Uji Coba Vaksin Corona China


CNN Mandiri Indonesia ~Otoritas negara bagian Sao Paulo di Brasil sepakat untuk turut memproduksi vaksin virus Corona (COVID-19) yang tengah dikembangkan oleh laboratorium China, Sinovac Biotech. Mulai bulan depan, ada 9000 warga Brasil yang menjadi relawan untuk uji coba tahap akhir vaksin eksperimental ini.

Brasil yang saat ini mencatat lebih dari 800 ribu kasus Corona, menempati peringkat kedua sebagai negara dengan total kasus terbanyak kedua di dunia setelah Amerika Serikat (AS). Total kematian akibat virus Corona di Brasil saat ini melebihi 40 ribu orang.

Seperti dilansir AFP, Jumat (12/6/2020), Gubernur Sao Paulo, Joao Doria, mengumumkan dalam konferensi pers bahwa Institut Butantan -- pusat penelitian terkemuka di Brasil -- telah mencapai kesepakatan transfer teknologi dengan Sinovac Biotech."Studi menunjukkan bahwa vaksin dapat didistribusikan pada Juni 2021 (jika tes terbukti konklusif)," sebut Doria dalam konferensi pers. "Kesepakatan ini akan memampukan kita untuk memproduksi (vaksin Corona) dalam skala besar dan mengimunisasi jutaan warga Brasil," jelasnya.

Sinovac Biotech merupakan salah satu dari empat laboratorium terkemuka di China, yang mendapat wewenang untuk melakukan uji coba klinis terhadap vaksin eksperimental untuk virus Corona. Bulan lalu, pihak Sinovac Biotech mengumumkan bahwa pihaknya bersiap memproduksi 100 juta dosis vaksin Corona di bawah nama komersial 'Coronavac'.

Di Sao Paulo, sekitar 9 ribu warga Brasil akan menjadi relawan dalam uji coba klinis untuk vaksin eksperimental ini. Para relawan itu akan mulai disuntik dengan dosis vaksin ini sejak pertengahan Juli. Uji coba di Brasil ini akan menjadi tahap ketiga dan tahap terakhir dalam uji coba klinis yang dilakukan Sinovac Biotech.Diketahui bahwa vaksin eksperimental yang dikembangkan Sinovac Biotech ini telah lolos uji coba tahap kedua di China, yang dilakukan terhadap monyet percobaan dan terhadap 744 relawan di China.

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman